2.
Head Up Display
HUD (Head Up Display)
adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan
pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa.
2.1 Sejarah HUD
HUD pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi reflektif gunsight
pada perang dunia ke dua. Saat itu, suatu tembakan dihasilkan dari sumber
listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan proyektor itu biasanya
dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pandang pilot,
antara kaca depan dan pilot sendiri.
Dengan menggunakan
reflektif gunshight pada pertempuran udara, pilot harus
"mengkalibrasi" pandangannya secara manual. Hal ini dilakukan dengan
memasukkan lebar sayap target pada sebuah penyetelan roda yang diikuti dengan
penyesuaian mata, sehingga target yang bergerak dapat disesuaikan dengan
bingkai yang diarahkan kepadanya. HUD terbagi menjadi 3 generasi yang
mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu :
a) Generasi Pertama : Gunakan CRT untuk
menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi
dari waktu ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUD beroperasi saat
ini adalah dari jenis ini.
b) Generasi Kedua : Gunakan sumber cahaya
padat, misalnya LED, yang dimodulasi oleh layar LCD untuk menampilkan gambar.
Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan
untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
c) Generasi Ketiga : Menggunakan
waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner
daripada menggunakan sistem proyeksi.
Penggunaan HUD dapat
dibagi menjadi 2 jenis. Jenis pertama adalah HUD yang terkait pada badan
pesawat atau kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan
semata-mata tergantung pada orientasi kendaraan. Jenis yang kedua adalah HMD
helm dipasang yang menampilkan HUD dimana elemen akan ditampilkan tergantung
pada orientasi dari kepala pengguna.
2.2 Teknologi HUD
CRT (Cathode Ray Tube)
Hal yang sama untuk semua HUD adalah
sumber dari gambar yang ditampilkan CRT yang dikembalikan oleh generator.
- Refractive HUD
Dari CRT, sinar diproduksi secara paralel
dengan sebuah lensa collimating. Sinar Paralel tersebut diproyeksikan ke kaca
semitransparan (kaca gabungan) dan memantul ke mata pilot. Salah satu
keuntungan dari reaktif HUD adalah kemampuan pilot untuk menggerakkan kepalanya
dan sekaligus melihat gambar yang ditampilkan pada kaca gabungan.
- Reflective HUD
Kerugian dari HUD reflektif adalah
akibatnya pada besarnya tingkat kompleksitas yang terlibat dalam memproduksi
penggabungan lekungan dari segi materi dan rekayasa.
- System Architecture
HUD komputer mengumpulkan informasi dari
sumber-sumber seperti IRS (Inertial Reference System), ADC (Air Data
Computer), radio altimeter, gryos, radio navigasi dan kontrol kokpit.
Diterjemahkan ke dalam koordinat x dan y, komputer HUD selanjutnya akan
menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk hal apa yang akan ditampilkan pada
HUD ke generator simbol.
- Display Clutter
Salah satu perhatian penting dengan
simbologi HUD adalah kecenderungan perancang untuk memasukkan data terlalu
banyak, sehingga menghasilkan kekacauan tampilan. Kekacauan tampilan ini jauh
dari eksklusif untuk HUD, tetapi hal ini sangat kritis pada saat melihat ke
arah tampilan.
2.3 Faktor Perancangan HUD
Ada beberapa faktor yang harus
dipertimbangkan ketika merancang sebuah HUD yaitu :
a. Bidang penglihatan : Karena mata
seseorang berada di dua titik berbeda, mereka melihat dua gambar yang berbeda.
Untuk mencegah mata seseorang dari keharusan untuk mengubah fokus antara dunia
luar dan layar HUD, layar adalah "Collimated" (difokuskan pada tak
terhingga). Dalam tampilan mobil umunya terfokus di sekitar jarak ke bemper.
b. Eyebox : menampilkan hanya dapat
dilihat sementara mata pemirsa dalam 3 dimensi suatu daerah yang disebut Kepala
Motion Kotak atau "Eyebox", HUD Eyeboxes modern biasanya sekitar 5
dengan 3 dari 6 inci. Hal ini memungkinkan pemirsa beberapa kebebasan gerakan
kepala.
c. Terang / kontras : Harus
menampilkan pencahayaan yang diatur dalam dan kontras untuk memperhitungkan
pencahayaan sekitarnya, yang dapat sangat bervariasi (misalnya, dari cahaya
terang awan malam tak berbulan pendekatan minimal bidang menyala).
d. Menampilkan akurasi :
- HUD komponen pesawat
harus sangat tepat sesuai dengan pesawat tiga sumbu
- Sebuah proses yang
disebut boresighting
- Sehingga data yang
ditampilkan sesuai dengan kenyataan biasanya dengan akurasi ± 7.0 miliradians.
e.
Instalasi : Instalasi dari komponen HUD harus kompatibel dengan avionik
lain, menampilkan, dll.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar